Feeds:
Posts
Comments

Archive for November, 2009

Sering banget kalo udah pusing sama kerjaan-kerjaan, bawaannya pengen pergi ngilang bentar ke satu tempat sendirian-_- Bisa jalan-jalan keliling Indonesia ato ke luar negri. Yah, emang dasarnya aku suka traveling sih jadinya pelampiasannya ke situ.

Tapi jangan salah…traveling yang paling oke dan mengesankan itu tuh yang apa adanya aja. Gak perlu nginep di hotel mewah, malahan numpang tinggal di homestay ato rumah penduduk lokalnya sekalian. Gak perlu bawa koper dan bawaan banyak-banyak, tapi bawa ransel yang isinya baju seperlunya yang bisa di mix n’ match plus holiday colorful banget jadi tetep bisa oke buat foto-foto. Trus satu lagi nih…gak perlu belanja barang-barang branded yang aneh dan mahal, yang bener belanja barang khas tempat itu jadi biar selalu inget buat balik lagi kesana hehe…^^

Hmm itu baru namanya backpacker…

Sebenernya backpacker dalam kamus artinya seseorang yang melakukan perjalanan dengan transportasi umum dan dengan rencana budget. Padahal, backpacker aslinya muncul dari dunia militer lho!

Sejak jaman dulu, para tentara yang bertugas di dalam hutan, gunung atau gurun selalu melakukan perjalanan darat dengan berjalan kaki dilengkapi tas ransel besar yang memuat seluruh peralatan.

Baru deh tahun 70-an, remaja Eropa terutama kaum hippies, banyak melakukan perjalanan murah ke daerah Asia Tenggara terutama India. Mereka melakukan perjalanan untuk mencari daerah wisata yang unik dan eksotik, dengan dana seadanya.

Backpacker

Pastinya, eksplorasi tempat eksotis dan mengenal budaya lokal

lebih dek

at adalah tujuan utama yang agak beda dengan tujuan wisata turis biasa. Dana yang lebih hemat juga karena filosofi seorang backpacker adalah menggunakan transportasi umum dan selalu berbagi. Backpacker juga harus pun

ya rasa ingin tahu, terbuka, dan menghargai orang lain. Tinggal bersama dalam satu homestay, ngobrol, dan numpang di rumah penduduk lokal, sampe ketemu dan jalan bareng sesama backpacker di tempat yang bakal kita datengin itu adalah hal yang biasa dilakukan.

Gimana…tertarik buat jadi backpacker 😉

Ini ada info buat memulai petualangan seru:

– Cari info sebanyak mungkin soal transport, akomodasi, dan lokasi eksotis yang bisa dikunjungi.

– Hitung budget dengan matang. Mulai dari ongkos PP, akomodasi per malamnya, makan per harinya, berkunjung ke tempat wisatanya, dll.

– Bawa buku panduan, obat-obatan, kamera digital, emergancy tools, pakaian hangat, sleeping bag, dll.

– Ajak teman dan kalo perlu orang yang lebih berpengalaman travelling. Siapin fisik dan mental, catat dan dokumentasiin semua yang bakal dilalui dan enjoy yourself buat nikmatin perjalan dari awal sampe akhir, mau itu senang ato sedih.

Happy backpacker…..^-^”

Read Full Post »

Ini dia nih resep BBQ enak dan simple…aku dapet dari Cheryl L. Perry, penulis buku ‘The Vegetarian Manfesto’. Udah di uji coba lho…hmm yummy 😀

– kamu perlu:

BBQ Kebab Vegetarian

2 paprika merah dan kuning. Buang bijinya, potong segitiga kecil

4 buah timun jepang, potong melintang

12 buah tomat ceri

12 buah jamur kancing putih

12 buah keju mozzarella potongan mini

 

– bumbu rendaman:

2 sendok makan minyak zaitun

2 sendok teh minyak cabai

3 sendok makan daun rosemary segar yang dicincang (bisa pake yang keringan)

½ cabai merah kecil, buang bijinya, cincang halus

½ cabai hijau kecil, buang bijinya, cincang halus

2 siung bawang putih, kupas, tumbuk

2 buah lemon, peras, ambil airnya aja

Garam dan merica secukupnya

– bikinnya:

1. campur semua bahan bumbu rendaman dalam mangkok besar, trus masukkan sayuran dan keju. Aduk pake sendok sampe bener-bener bercampur. Tutup mangkok pake plastik, biarkan dalam kulkas selama 1 jam.

2. Bagi sayuran dan keju jadi 12 tusuk sate. Bakar selama 3-5 menit, sambil sesekali diolesi bumbu rendaman dan dibalik agar terbakar rata. Tiriskan dan susun di piring saji. Jadi deh ^^”

 

Untuk 6 porsi

Read Full Post »

Baca tanganmu

Wah, ternyata intip kepribadian kita lewat garis tangan itu gak susah! Ini ada contekannya hehe…Oya, jangan lupa pake tangan pasif alias tangan kiri ya. Tangan pasif emang tangan yang biasa dibaca garisnya oleh peramal karena garis tangan pasif selalu berubah sepanjang hidup kita.

Baca tanganmu

Nah, baca tabel ini buat menentukan tipe telapak tanganmu…

# Bentuk tangan: telapak lebar, jari-jari panjang dan kurus, sedikit garis -> Tipe: udara -> Karakter: pintar, banyak teman, full energi, tapi gampang bosan.

# Bentuk tangan : telapak lebar, jari-jari pendek, kulit telapak tangan tebal, garis-garisnya sedikit tapi dalam -> Tipe: bumi -> Karakter: praktis, bisa diandalkan, terus terang.

# Bentuk tangan : telapak panjang, jari-jari pendek, kencang, kulit kemerahanl, banyak garis -> Tipe: api -> Karakter: pe-de, berani ambil resiko, positive thinking, pekerja keras

#Bentuk tangan : telapak dan jari-jari panja

ng, kulit tangan halus dan lembab, banyak garis-garis halus di telapak tangannya -> Tipe: air -> Karakter: kreatif banget, tapi emosional.

# Bentuk tangan : telapak dan jari-jari sedang, garis-garis tidak terlalu tebal ato tipis -> Tipe: ether (alam semesta) -> Karakter: pemikir, rendah hati, tapi ambisius.

Gimana? Sesuai gak 😀

Read Full Post »

Banyak banget air oksigen yang dijual di pasaran. Katanya, jenis air yang satu ini bisa bikin badan lebih segar. Masa iya sih???

Ternyata yang disebut air oksigen itu sebenernya air mineral biasa yang disuntikkan sejumlah oksigen ke dalamnya^o^

Oksigen gak cuma dihirup

Fakta:

(+) Oksigen yang ada

dalam air akan cepat diserap usus dan langsung disebar ke seluruh tubuh kita terutama ke dalam sel-sel darah merah. Sel darah merah yang kaya akan oksigen, bikin kita: gak gampang stress, mencegah pusing akibat kelelahan, dan gak mudah pegal sehabis berolahraga.

(-) Air oksigen harus lan

gs

ung diminum habis karena oksigen di dalamnya akan menguap bila botol dibiarkan terbuka.

(-) Botol yang masih tertutup harus disimpan di kulkas, agar tetap dingin. Suhu panas juga membuat kandungan oksigen di dalam air h

ilang walaupun botol belum dibuka.

(-) Air oksigen cuma membantu memenuhi sebagian kecil kebutuhan tubuh akan oksigen, yaitu 200 -250 ppm per hari.

So…memang jauh lebih oke kalo kita bisa menghirup oksigen dengan cara berolahraga di udara terbuka dan bersih, karena jumlahnya jauh lebih besar dari yang bisa kita dapat dari air oksigen.

Read Full Post »

Perhatian! Global Warming!

Salah satu isyu lingkungan paling santer sekarang ini adalah pemanasan global atau ‘global warming’. Yang berarti meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi akibat tingginya jumlah emisi gas rumah kaca di atmosfer. Bahayanya, pemanasan global bakal diikuti oleh perubahan iklim, kayak meningatnya curah hujan di beberapa belahan dunia yang bisa menyebabkan banjir dan erosi. Sementara itu, di belahan bumi yang lain malah mengalami musim kering berkepanjangan. Gak cuma itu aja, perubahan iklim juga menyebabkan hal buruk lainnya: meningkatnya intensitas hujan badai, angin topan, banjir, mencairnya es dan glasier, tanah kekeringan, pemutihan karang, sampai menghilangnya spesies dan ekosistem tertentu di bumi. Hiiiy, ngeri banget!!! *_*;

Udah saatnya nih kita lebih peduli sama lingkungan. Sebenernya udah banyak solusi yang ditawarkan oleh lembaga pemerhati lingkungan, mulai dari kebijakan transportasi terpadu, uji gas emisi kendaraan, penyelamatan hutan, cagar hijau, sampe usaha pemakaian sumber energy ramah lingkungan. Tapi selain itu ada 2 hal paling penting yang bisa kita lakukan sendiri demi ikut menjaga lingkungan dan bumi kita supaya tetep enak buat dihuni sampai anak cucu kita nanti:

–          Hemat listrik -> Karena ternyata setiap 1000 megawatt yang dihasilkan pembangkit listrik tenaga batubara, mengemisikan 5,6 juta ton karbondioksida / tahun. Jadi ayo matikan TV, radio, computer, lampu, dan AC yang lagi gak terpakai.

–          Hemat BBM -> Kurangi pemakaian kendaraan bermotor dong…Kalo jarak yang ditempuh gak lebih dari 5 km dan lagi gak terburu-buru, gak ada salahnya kita jalan kaki atau naik sepeda.

Well, it might seem small and not easy, but it does matter to save our planet ^^”

Read Full Post »

Wehehe…sekali-sekali membangun mood enak dengan cara yang enak pula. Bikin dessert sendiri kayak chef-chef beken di luar negri sana yuk…

‘Ice Cream Sandwich’

Terdiri dari 12 potong kue andalan dengan kelapa, kacang, dan coklat cincang. 1 liter es krim rasa kopi.

Dessert andalan^^

1 cangkir kacang yang dihancurkan. Cukup buat 6 sandwich.

Step 1; buat kuenya

2 cangkir plus 2 sendok makan tepung terigu

½ sendok the garam

½ sendok the baking soda

12 sendok makan mentega tanpa garam, lelehkan lalu biarkan dingin sesuai suhu kamar

1 cangkir gula merah

1 ½ cangkir gula pasir

1 butir telur, ditambah 1 kuning telur

2 sendok the ekstrak vanilla

1 ½ cangkir coklat cincang

1 butir kelapa yang dicincang

1 cangkir irisan kacang almond

  1. Panaskan oven hingga 200 C. Ayak tepung, garam, dan baking soda dalam mangkuk berukuran sedang.
  2. Dalam mangkuk besar, gunakan mixer untuk mencampur mentega dan gula hingga berbusa. Kemudian tambahkan telur, kuning telur, dan vanilla.
  3. Masukkan adonan tepung ke dalam mangkuk besar, aduk hingga merata. Kemudian campurkan coklat cincang, kelapa, dan kacang almond ke dalam adonan.
  4. Siapkan Loyang yang dilapisi kertas minyak. Letakkan 12 porsi kue di atas loyang (tiap porsi terdiri dari 2 sendok makan adonan). Beri jarak 10 cm antara setiap adonan.
  5. Panggang selama kira-kira 12 menit, sampai kue berwarna keemasan. Bagian pinggir kue akan mengeras, tapi bagian tengahnya akan tetap lembut.

Dinginkan selama 20 menit.

Tips: Waktu kue sedang dipanggang, letakkan loyang lain yang telah dilapisi oleh kertas minyak di dalam freezer selama 30 menit karena kamu akan membutuhkan loyang tersebut pada langkah c nanti.

Step 2; es krim kopi

Letakkan es krim rasa kopi di atas 1 bagian kue, trus tumpuk dengan sepotong kue lain (seperti sandwich). Tekan kue sampai es krim menyebar memenuhi permukaan keduanya. Rapikan pinggirannya dengan sendok mentega.

Step 3; kacang guling

Isi sebuah piring dengan kacang dan gulingkan sandwich yang baru kamu buat di dalam piring sampai permukaannya diselimuti kacang. Gunakan sendok untuk meratakannya. Letakkan sandwich dalam loyag yang telah didinginkan lalu masukkan ke dalam freezer selama semalam. Sandwich spesialmu siap disajikan keesokan harinya^^”

Read Full Post »

Sering ato gak, kita sebagi manusia ketika mendapat masalah, ancaman, dll pasti sempet ngerasa stress. Katanya stress sedikit banyak berarti kita mengalami ketakutan. Nah gimana ya cara menghadapi ketakutan alias stress itu?

Seorang penulis buku ‘ How to Win Friends and Influence People’ bernama Marguerite Lamb kasih tahu 3 cara usir kekhawatiran. Cara ini diyakinkan bisa membantu kamu belajar bagaimana mengambil sikap dalam menghadapi sebuah masalah besar, bukannya cuma duduk diam memikirkannya.

Anti stress

Jurus anti stress 1: Ungkapkan kekhawatiranmu dalam pertanyaan. Misalnya, waktu panic menjelang UTS. Tanya: Hal terburuk apa yang mungkin terjadi kalo aku gak bisa mengerjakannya? Dengan membuat pertanyaan kayak gini, kamu jadi bisa memfokuskan semua kekhawatiranmu itu jadi satu tujuan yang produktif.

Jurus anti stress 2: Tulis kemungkinan hal terburuk yang bisa terjadi dan ucapkan dengan keras. Misal

nya: IPK-ku bakal merosot drastis! Cara ini bikin kamu bisa melihat ketakutanmu secara realistis dan mencari solusinya selagi masih sempat.

Jurus anti stress 3: Rancang strategi buat mencegah hal terburuk yang bisa terjadi plus taktik yang mungkin dilakukan. Tanya: Gimana aku bisa mencegahnya dan kapan aku bisa harus melakukannya? Pertanyaan ini bakal bikin pikiranmu terencana untuk memecahkan masalah daripada Cuma mengkhawatirkannya.

Mudah-mudahan dengan terbiasa menuliskan apa yang kamu khawatirkan dan menyiapkan rencana buat menghadapinya, kamu bakal lebih bisa mengontrol masalahmu dan jauh dari rasa stressJ

Read Full Post »

Jakarta lagi musim hujan niy…bawaannya jadi pengen makan terus hehe…Jadi inget makanan andalan buat hangatin perut, makaroni cup hmm yummy…

Ini makaroni cup yang biasa aku bikin, ada yang mo cobain resepnya:)

Bahan:

– cetakan pie diameter 10 cm

– 250 gr makaroni, direbus setengah matang

– 8 lembar daging asap, dipotong kotak-kotak

– 4 butir telur

– 500 gr keju, diparut

– 400 ml susu cair

– 3 kaldu sapi blok

– 4 gelas air kaldu daging sapi

– 1 sendok teh mentega, dicairkan

– 1/2 sendok teh merica

Cara bikinnya :

1. Hancurkan kaldu ayam blok di dalam mangkuk besar, masukkan telur ke dalamnya, kocok sampai rata.

2. Masukkan air kaldu, susu, merica, mentega, setengah bagian keju parut, daging asap, makaroni. Aduk rata.

3.  Masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi mentega. Panggang dalam oven bersuhu 180 – 200 C.

4. Setelah makaroni setengah matang, taruh keju parut diatasnya, lalu panggang lagi sampai berwarna kekuningan. Voila, jadi deh makanan hangat peneman hujan;p

Resep ini untuk 25 buah makaroni cup.

Bikin makaroni cup ah...

Read Full Post »

9 strategi jitu mengawetkan uang saku

Baru-baru ini aku dengerin curhatan adikku. Katanya semenjak tahun kedua kuliahnya, pengeluarannya semakin bengkak. Ada aja yang harus dibeli. Buku diktat kuliah, foto kopi, print tugas, dll. Terutama buat soal makan yang gak bisa ditunda-tunda lagi hehe…dia suka ngemil sih…
Akhirnya dia cari siasat buat ngatasin uang sakunya biar cukup sampai akhir bulan. Dan itu sukses dilaksanakan 
Aku jadi pengen bagi-bagi 9 strategi jitu mengawetkan uang saku buat teman-teman yang senasib niy…
1. Pilih makan siang yang mengenyangkan, seperti nasi rames komplit. So perut bakal tetap terisi sampai sore tanpa perlu berkali-kali jajan lagi.
2. Kalo acara ngemil gak bisa dihindari, bawa aja sekalian sekotak roti atau biskuit dari rumah. Buat yang suka minum susu, penting banget lho…perut jadi terasa kenyang.
3. Ajak teman yang tinggal satu wilayah bergiliran bawa kendaraan ke kampus. Voila! Pengeluaran bensin kalian terbagi dua.
4. Usir malas mencatat di kelas. Pelajaran juga jadi jauh lebih bisa nyantol di kepala dan bebas biaya foto kopi.
5. Bikin ide-ide seru mix n’ match-in baju kuliah. Gak perlu sering-sering beli baju cuman buat gaya dong…
6. Gak perlu ragu buat naik angkutan umum ke kampus. Pilih rute paling singkat yang bikin kamu gak perlu banyak ganti kendaraan.
7. Gak usah gengsi absen sementara dari dunia foya-foya kayak nonton, makan, jjs di mall. Kan final-nya kamu juga yang ngerasain 
8. Rajin nabung. Siapkan celengan warna cerah dan dengan bentuk yang lucu supaya selalu semangat dan ingat untuk menabung sisa uang sakumu.
9. Kalo masih belum cukup juga ya…cari kerja sampingan (magang) aja tapi yang sesuai dengan keahlian dan gak mengganggu waktu kuliahmu.

Read Full Post »

Ramal-meramal

Apa yang kebayang kalo inget Marilyn Monroe? Pasti tahi lalat dan rok terbangnya. Eitss, bukan rok terbangnya yang mo aku omongin disini tapi tahi lalatnya:)

Ternyata tahi lalat tuh sesuatu yang menarik yang bisa jadi daya pikat lho hehe…Buktinya, di era Ratu Marie Antoinette (abad 18), para wanita Perancis sengaja menggambar tahi lalat di dekat mata atau bibir untuk menarik perhatian pria^^

Mungkin itu juga yang menjadikan seseorang terinspirasi membuat ramalan berdasarkan letak tahi lalat ya… Coba deh dicocokin, kira-kira sesuai gak ramalannya?

@ Kening:

-> Kening kiri – Cerdas dan selalu sopan bertingkah laku.

-> Tengah kening – Sifat beranimu bikin kamu gak takut mencoba hal-hal baru.

-> Kening kanan – Kamu selalu jadi panutan di kelas karena kecerdasanmu.

@ Mata:

-> Ujung mata kiri – Sebenarnya kamu baik hati, tapi koq suka bohog?

-> Ujung mata kanan – Kamu baik hati, sopan santun dan cerdas.

-> Kelopak mata kiri atas – Suasana jadi ‘hidup’ kalo ada kamu dengan celotehan dan leluconmu.

-> Kelopak mata kanan atas – Banyak teman suka padamu karena kamu baik hati dan ramah.

-> Kelopak mata kiri bawah – Hati-hati, pemilik tahi lalat di daerah ini konon kurang pandai.

-> Kelopak mata kanan bawah – Aduh, jangan jadi pemalas, dong!

@ Alis:

-> Alis kiri – Sifat ‘rame’ kamu bikin kamu selalu jadi penggembira suasana.

-> Alis kanan – Kamu berhati baik dan selalu menolong orang yang kesusahan.

@ Pipi:

-> Pipi kiri – Rajin beajar memang sudah jadi sifat kamu.

-> Di tengah pipi kiri – Kamu baik hati, sopan santun, dan cerdas.

-> Pipi kanan – Kamu bakal sukses di masa depan.

-> Di tengah pipi kanan –  Kamu gaul dan menikmati hidup.

@ Bibir:

-> Bibir atas kiri – Berkat sifatmu yang baik hati, temanmu banyak!

-> Bibir bawah kiri – Pandai bicara, gak gampang menyerah dan kalah.

-> Bibir atas kanan – Beruntungnya kamu yang pandai dan murah rejeki.

-> Bibir bawah kanan -> Banyak yang senang berteman dengan kamu karena pandai bikin suasana jadi seru.

@ Hidung:

-> Hidung – Banyak rejeki.

@ Dagu:

-> Dagu bawah kiri – Selalu jadi tempat curhat, karena bijaksana.

-> Dagu bawah kanan – Banyak yang senang jadi temanmu karena kamu jujur.

@ Dada:

-> Dada kiri – Berani, jujur, dan sabar.

-> Dada kanan – Pintar banget menghadapi masalah

@ Perut:

-> Perut kiri – Karena baik hati, maka hidup kamu berjalan dengan tenang.

-> Perut kanan – Gak cuma dikelilingi keberuntungan, tapi kamu juga orang yang pemaaf.

@ Jari tangan & kaki:

-> Jari tangan kiri – Semua pekerjaan selesai berkat kamu rajin.

-> Jari tangan kanan – Kamu dberkahi hidup yang penuh keberuntungan.

-> Jari kaki kiri – Kamu suka berbuat baik demi orang lain.

-> Jari kaki kanan – Selalu siap menolong teman yang lagi susah.

@ Telapak tangan:

-> Telapak tangan kiri – Banyak rejeki dan cermat dalam bertindak.

-> Telapak tangan kanan – Banyak rejeki tapi boros.

@ Telapak kaki:

-> Telapak kaki kiri – Kamu punya sifat yang baik budi.

-> Telapak kaki kanan -> Kamu jarang banget mengeluh. Banyak yang terinspirasi sama kamu.

Read Full Post »

Siang tadi ada seorang temanku bilang kalo dia salah beli kamera. Sebenarnya bukannya salah beli kamera, tapi dia-nya aja yang salah persepsi tentang kamera yang dia incar selama ini. Rupanya temanku ini gak begitu tahu banget tentang jenis-jenis kamera. Yah, aku juga siy… Tapi jujur, jadi kepikir juga niy ternyata emang mesti bener-bener cari tau dulu yang kayak gimana siy kamera yang kita butuhin? Supanya gak nyesel belinya…kan harga kamera juga gak murah:)

Ini info dasarnya aja, mungkin udah banyak yang tahu…

* Resolusi -> Kapasitas kamera untuk menangkap gambar diukur dalam satuan pixel (picture element). Tapi pixel yang besar belum tentu menjamin kualitas gambar bagus. Untuk acara liburan, kamera beresolusi 3 megapixel sudah cukup.

* Optical zoom -> Berguna buat menangkap obyek foto yang letaknya jauh. Kalau ada optical dan digital zoom di kameramu, pilih optical zoom! Pembesaran digital bikin hasil foto pecah dan tidak jelas.

* Memori -> Kalau kamu hobi memotret, pilih kamera dengan memori internal yang cukup besar atau pastikan kamera itu dilengkapi dengan port untuk memori eksternal. Semakin besar memori, semakin banyak foto yang bisa kamu simpan.

* Time delay -> Time delay adalah waktu yang dibutuhkan sejak tombol shoot kita tekan sampai gambar selesai diambil. Coba kamera yang ingin dibeli untuk mengetahuinya. Catat juga waktu dari menghidupkan kamera sampai siap digunakan.

* Layar LCD -> Layar untuk melihat obyek foto, atau memilih dan menghapus gambar. Pilih LCD dengan kandungan resolusi yang cukup agar warnanya tampil lebih natural dan maksimal.

* Baterai -> Kekuatan baterai juga penting! Pilih kamera yang menggunakan baterai yang bisa diisi ulang, daripada baterai jeis biasa. Memang sedikit lebih mahal. Tapi sebenarnya jauh lebih hemat karena kamu bisa memakainya berkali-kali.

Coba deh sekali-kali cara ini…

# Shoot off-center > Posisikan obyek foto di pojok kanan atau kiri frame supaya latar belakang ikut kelihatan dan fotomu jadi lebih menarik.

# Snap candids > Daripada foto teman-teman yang sedang berpose, potret mereka diam-diam di saat tak menduga. Hasilnya, lebih real!

# Vintage look > Pilih menu ” BW ” untuk foto hitam putih atau ” Sephia ” untuk foto kecoklatan. Fotomu jadi klasik dan sophisticated!

# Night fever > Potret pemandangan lampu kota dari atas bukit di malam hari dengan fitur ” night vision “. Dijamin keren!

Ber-foto ria yuk!

Jadi pengen ber-foto ria niy…klik, klik!

Read Full Post »

Older Posts »