Feeds:
Posts
Comments

Archive for December 4th, 2009

Well ternyata banyak cara untuk have fun sambil lebih mencintai bumi. Salah satunya dengan belanja hijau. Caranya ya dengan menjadi pembeli yang bertanggungjawab coz menerapkan konsep green shopping 
Green shopping itu…cara belanja yang gak mementingkan keinginan sendiri, tapi juga mikirin keselamatan bumi. Kalo biasanya cuman mempertimbangkan harga plus fungsi barang yang mo dibeli, sekarang udah waktunya juga untuk mikirin dampaknya terhadap lingkungan. Jadi, cari tau dulu bahan barang tersebut dari apa dan gimana cara ngebuangnya nanti.
Yang termasuk dalam konsep green shopping tuh…produk hemat energy, bisa didaur ulang, terbuat dari bahan recycle, dan juga hemat plus ramah kemasan.
Jadi, sebelum belanja…bikin shopping list biar belanjaan gak bengkak, tanya diri sendiri “ Apa aku benar-benar butuh barang ini?”, beli produk dalam kemasan jumbo sekaligus, bawa kantong belanjaan sendiri.
Tips yang bisa kita lakukan lebih untuk melindungi bumi…usahakan berbagi dengan saudara atau teman (DVD, CD, …dll), kurangi kebiasaan memesan makanan untuk dibawa pulang (coz kemasannya Styrofoam), memilih baju dengan bahan anti kusut (berarti gak menyetrika = hemat energy).
Bayangkan kalo semua orang di dunia melakukan hal yang sama…belanja hijau yuk 🙂

Belanja hijau yuk

Read Full Post »

Apa yang terjadi di dalam tubuh mantan perokok setelah dia membuang rokok terakhirnya?

Perjalanan sehat setelah berhenti merokok

…Setelah 12 jam…Kadar karbon monoksida dalam darah kembali normal.

…1-9 bulan…Sirkulasi darah membaik, fungsi paru-paru mulai normal, dan batuk berkurang.

…1 tahun…Resiko penyakit jantung berkurang 50% dibandingkan ketika masih merokok.

…10 tahun…Resiko kematian akibat kanker paru-paru berkurang setengah dari orang yang tetap merokok.

…15 tahun…Resiko terkena penyakit jantung koroner akhirnya sama dengan orang yang tidak merokok.

So, hidup ini adalah pilihan…apakah kamu tetap ingin merokok???

Read Full Post »

Pasti udah banyak yang tau kalo sebenarnya asap rokok = salah satu penyebab polusi. Dan merokok emang satu kebiasaan yang sulit ‘disembuhkan’. Malahan katanya lebih sulit dibandingkan dengan perang melawan narkoba @_@; Tapi selalu ada cara buat menghentikannya!

Berdasarkan data Yayasan Jantung Indonesia 9,2% dari 3.320 kematian di Indonesia pada tahun 2001 disebabkan oleh penyakit yang berkaitan dengan kebiasaan merokok. Di seluruh dunia, rokok membunuh 5.000.000 orang setiap tahunnya. Astaga…ck ck…

Stop merokok!!!

Tapi selalu gak ada kata terlambat untuk berhenti segera! Ini ada 3 langkah yang terbukti efektif buat

para perokok supaya cepat berhenti. Tunjukkan ke orang-orang yang kamu sayangi ya, terutama buat kaum perempuan.

3 langkah stop rokok segera!!!

  1. Rencana untuk berhenti à Konsultasi dengan terapis sangat membantu menyusun strategi agar tidak ‘lari’ ke rokok.
  2. Usaha untuk berhenti à Bikin tanggal yang udah ditentukan untuk mulai program ini. Bantu perokok menghilangkan semua hal yang bisa mengingatkan ke rokok. Terus, pilih pengganti nikotin yang paling efektif, bisa berupa patch, inhealer, permen karet maupun obat resep dokter.
  3. Staying clean à Olahraga, makan makanan sehat, banyak minum air putih, dan kurangi kegiatan yang bisa membuat mantan perokok ingin merokok lagi. Meneruskan terapi juga penting, ketika ada keinginan untuk ‘kambuh’ lagi. Biasanya keinginan itu cumin bertahan selama 10 menit aja.

Read Full Post »

Fit tanpa diet

Punya badan sehat bukan berarti harus selalu menghitung kalori ataupun anti makan junk food dan hidup tanpa coklat. Instead, badan kita tetap bisa fit dengan cara makan yang pintar, seperti 5 langkah di bawah ini nih:

Fit tanpa diet

  1. Puaskan keinginanmu. ..Menahan diri dan menjauhi makanan favorit cuma akan membuat kita semakin ingin memakannya.
  2. Jangan lewati makan malam…Melewati waktu makan akibatnya proses metabolism tubuh jadi lambat untuk membakar kalori. Begitu akhirnya kita makan, tubuh malah akan menyimpan seagai lemak, karena tubuh ‘berjaga-jaga’ kalo kita tidak makan lagi.
  3. Hindari makanan ‘diet’…Co

    z makanan bebas lemak justru mengandung gula bahkan kalori lebih banyak daripada makanan biasa. Plus makanan dengan sedikit lemak butuh waktu lebih lama untuk dicerna dibanding makanan fat-free.

  4. Makan pelan-pelan…Coz sebenarnya makan dalam keadaan duduk diatas meja sambil memperhatikan makanan yang kita makan, membuat kita jauh lebih kenyang.
  5. Jauhi timbangan…Berat badan bisa berubah tiap hari dan tiap jam tergantung pada banyak factor, misalnya kadar air dalam tubuh kita. So terus-terusan ngintip timbangan justru malah bikin kita stress. Dan juga karna otot lebih berat daripada lemak tapi tidak menguasai tubuh, angka di timbangan bisa kadang menipu :p

Read Full Post »