Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘Cina’

Seandainya bisa ngomentarin kata-kata selebritis Hollywood ini… :p

  • “ You name it. I love it ! Walaupun asalku dari Texas, aku paling lahap makan makanan Cina. Gak ada duanya deh ! “ – Miley Cyrus –

    Her Quotes 14

  • “ Aktris-aktris muda sering gak memikirkan akibat beradegan seks ato menanggalkan baju dalam sebuah film. Mereka sangan menginginkan peran itu sampe rela dieksploitasi, dan akhirnya membuat malu keluarga, teman, bahkan orang lain. “ – Natalie Portman –
  •  “ Um, aku sangat terobsesi dengan Martha Stewart. I have so many Martha Stewart magazines. Aku juga beli yang edisi wedding. “ – Blake Lively –
  •  “ Emang ada tekanan buat tampil seksi. Tapi itu gak datang dari teman-teman. Tekanan itu datang dari media, dunia musik, dan film. Melihat banyak banget image cewek seksi bikin kamu jadi pingin berpenampilan seperti itu juga. “ – Ciara –
  •  “ Aku gak banyak makan daging. Aku makan daging kalo lagi pingin aja. “ – Drew Barrymore –

Read Full Post »

Ada beberapa bahan dan bumbu yang khas dalam masakan Jepang. Rasanya yang beda bikin bahan dan bumbu ini gak bisa diganti dengan yang lain.

Bahan Khas Masakan Jepang

–          Dashi: Kaldu ikan. Dipake untuk bumbu dasar sup. Dibuat dari serpihan ikan bonito ( sejenis ikan kayu ) yang dikeringkan. Dashi bisa dibeli dalam bentuk bubuk instan ato dibungkus seperti kantong teh. Sisa dashi instan bisa disimpan dalam stoples.

–          Rumput laut : Ada 3 jenis. Kombu ( kelp ) adalah lembaran ganggang laut yang dikeringkan, ditambahkan pada kaldu dan sup untuk member rasa khas. Nori, rumput laut yang dibuat lembaran tipis, untuk menggulung sushi ( nasi berbumbu ), dimakan dengan nasi waktu sarapan, atau untuk garnish. Panggang bagian yang mengkilap di atas api sebentar agar cita rasanya yang khas lebih keluar. Wakame, seperti rumput untuk salad dan sup. Rendam wakane 5 menit dalam air dingin. Bahan ini cepat sekali lunak, jadi masukkan 1 menit sebelum sup diangkat.

–          Mi Jepang: memiliki aneka bentuk dan cita rasa yang khas. Misalnya udon, somen, kishimen, harusane, dan soba.

–          Shoyu: Kecap Jepang. Rasanya lebih ringan dan lebih encer daripada kecap asin.

–          Miso: Pasta kedelai yang difermentasi, mirip tauco. Ada yang merah ( lebih asin dan dikenal ). Ada yang putih ( lebih manis ) dan ada hatcho miso ( lebih gelap dan lebih asin dari miso merah ).

–          Shiritake: Soun Jepang, lebih tebal dari soun Cina.

–          Wasabi: Akar tumbuhan liar Wasabia Japonica. Berwarna hijau, rasanya pedas menyengat. Dijual dalam bentuk pasta ( siap pake ) ato bubuk ( campur dengan air sebelum dipake ). Wasabi digunakan seperti sambal untuk sushi dan untuk bumbu saus Sashimi.

–          Shitake: Ada yang menybutnya jamur Cina ato hioko. Untuk masakan Jepang umumnya dipake yang segar. Jika memakai jamur kering, rendam 30 menit dalam air mendidih, jamur kering bisa disimpan dalam stoples ato kantong plastic, tahan sampe 1 tahun.

Read Full Post »

Pasta adalah bahasa Italia untuk adonan. Pasta mempunyai sejarah yang panjang. Nama pasta juga diberikan untuk adonan dari gandum durum yang dalam bahasa latin artinya keras.

Menurut beberapa sumber, pasta diperkenalkan di Italia oleh Marco Polo sekembalinya dari Cina, akhir abad 13. Pasta merupakan bahan makanan unggulan dari dapur Italia. Setiap bentuk pasta memberikan rasa yang berbeda di mulut, juga reaksi yang berbeda dengan sausnya.

Ada dua jenis pasta, yaitu pasta segar dan pasta kering. Pasta segar dibuat dari telur dan tepung terigu, sedangkan pasta kering dibuat dari gandum durum atau semolina. Gandum durum merupakan gandum terbaik yang kaya serat, membuat pasta gak mudah lembek ketika direbus, dan memberi warna keemasan pada pasta. Pasta kering mulai popular pada abad 14 dan 15, pasta kering tampil dalam berbagai bentuk.

Bentuk pasta

Bentuk pasta

Ada ratusan bentuk pasta. Variannya bertambah setiap saat, tergantung pabrik pembuatnya. Tetapi ada lima bentuk ato tipe dasar pasta yaitu:

  1. Pasta berukuran mungil dalam berbagai bentuk  seperti bunga, bintang, alfabetikal, fauna, dst. Biasanya dipake sebagai isi sup.
  2. Pasta yang bentuknya solid, yaitu golongan spaghetti yang panjang dan tipis. Bentuknya silinder kurus panjang mirip lidi, ketebalannya variatif.
  3. Kelompok pasta macaroni ato pasta yang berbentuk tabung. Beberapa di antaranya dipotong pendek ato agak keriting, ada juga yang punya ujung tajam seperti penne ato tabung dengan tekstur kasar, rigatoni.
  4. Pasta yang bentuknya lucu, bisa berbentuk dasi, puntir, kerang, roda, renda. Pasta kelompok ini selalu disajikan bareng saus pasta.
  5. Terakhir adalah pasta yang bisa diisi. Bisa buatan sendiri ato beli yang siap pake. Lembaran lasagna yang lebar dan panjang serta pasta tabung besar yang dikenal sebagai cannelloni. Kedua jenis pasta ini biasanya diisi dan diolah sebagai pasta panggang. Jenis lainnya adalah ravioli, semacam pangsit isi bentuk segiempat ato tortellini, semacam ravioli tapi bentuknya mirip pangsit mini.

Read Full Post »

Pemanasan global di Asia

–          Hampir setengah dari 4.000 sungai di Qinghai, Cina menghilang akibat kekeringan dan kesalahan pengaturan air.

–          Suhu air yang makin panas diprediksikan menyebabkan hancurnya terumbu karang di beberapa tempat seperti Filipina dan teluk Persia.

–          Temperatur di wilayah Himalaya mulai meningkat, mengancam hingga 4, 8 km luas area Gletser Khumbu.

–          Di Singapura, peningkatan suhu rata-rata harian memicu pertambahan jumlah kasus demam berdarah. Karena nyamuk Aedes Aegypti betina, berkembang biak lebih cepat di udara hangat.

Read Full Post »