Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘kuliner’

Mungkin banyak sekali orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Terutama bagi yang bermukim di pulau jawa, setidaknya mereka sudah pernah mampir sekalipun hanya sempat untuk mencicipi gudeg, masakan khas dari Jogja ataupun sekedar berfoto ria di jalan Malioboro, salah satu ruas jalan yang terkenal disana.

Saya sendiri sangat mengagumi Jogja. Banyak hal yang membuat saya ingin segera kembali mengunjungi kota ini. Bangunan-bangunan bersejarahnya terutama keraton Yogyakarta, wisata kuliner yang menawarkan banyak sekali makanan unik dan mungkin jarang ditemui di kota-kota lainnya, batik-batik dengan berbagai macam motif dan rupa. Yang tidak terlupakan terutama adalah suasana yang kental dengan Jawa, keramahan penduduknya, dan betapa banyaknya seniman dan pemusik yang kreatif disana.

Tidak jarang juga Jogja dijadikan salah satu tujuan kota untuk berbulan madu bagi pasangan suami istri yang baru saja menikah. Banyak sekali tempat yang bisa dijadikan momen untuk selalu dikenang di kemudian hari. Karenanya berikut saya rekomendasikan tempat-tempat indah dan berkesan yang harus dikunjungi khususnya untuk pasangan yang sedang berbulan madu.

Candi Prambanan

1. Candi Prambanan

Sebagai salah satu kawasan candi hindu terbesar di Indonesia, memiliki hiasan relief yang diukir mengelilingi candi yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Tentunya mengabadikan diri dan pasangan dalam bentuk foto akan sangat indah. Lokasi candi ini berkisar 17 km dari pusat kota Jogja.

Pantai Parangtritis

2. Pantai Parangtritis

Berada di tepi Samudra Hindia sehingga ombak dan arusnya cukup besar dan kuat. Disekitar pantainya terdapat bukit pasir yang disebut gumuk. Menikmati sunset akan sangat romantis di pantai ini. Lokasinya berada sekitar 25 km di selatan pusat kota Jogja.

Malioboro_Street,_Yogyakarta

3. Jalan Malioboro

Berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga. Jalan Malioboro terkenal karena menawarkan wisata belanja dan wisata kuliner yang tiada habisnya. Terutama di malam hari, banyak sekali para penjaja makanan lesehan di sepanjang jalan ini. Para wisatawan juga dihibur oleh banyaknya seniman dan pemusik asli dengan khas Jogja, berikut pada kostumnya, alat musik tradisionalnya maupun tembang yang dibawakan. Sungguh mengesankan.

Keraton Yogyakarta

4. Keraton Yogyakarta

Merupakan sebuah bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang masih ditinggali oleh Sultan dan keluarganya hingga saat ini. Selain menikmati indahnya arsitektur kuno, dapat juga berkunjung ke museum dengan koleksi-koleksi kesultanan Yogyakarta yang sebagian merupakan hadiah dari Raja Eropa. Beberapa tempat tidak diperbolehkan untuk difoto, namun cerita asal mulanya dapat membuat kita seakan menyelami sejarah.

Candi Borobudur

5. Candi Borobudur

Selain merupakan sebuah candi Budha terbesar di dunia juga memiliki relief dan patung Budha terbanyak di dunia. Momen berfoto dengan pemandangan yang sangat indah tidak boleh dilupakan disini. Lokasinya berada di sekitar 40 km dari Jogja.

Istana Air Taman Sari

6. Istana Air Taman Sari

Dahulunya merupakan sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta. Selain itu, juga berfungsi sebagai benteng pertahanan ketika musuh datang menyerang. Tempat ini juga romantis untuk didatangi karena udaranya yang sejuk dan banyak kolam buatan disertai dengan wangi bunga disekitarnya.

Pasar Beringharjo

7. Pasar Beringharjo

Banyak sekali batik dengan segala motif dan rupa yang dapat ditemui. Tentunya harganya lebih miring dibandingkan dengan di ibukota. Untuk suami istri, tentunya tidak ingin melewatkan membeli batik couple atau batik sepasang disini.

Selain daftar tempat wisata diatas, saya juga menyarankan agar lebih sering berjalan kaki dan menggunakan alat transportasi ala Jogja agar pengalaman berbulan madu di kota ini terasa lebih berkesan.

Seperti menggunakan becak dan andong di siang hari untuk lokasi sekitar pusat kota. Berjalan kaki di sore dan malam hari agar lebih merasakan suasana ramah dan ramainya pejalan kaki menikmati sepanjang jalanan Jogja. Dan menggunakan Trans Jogja dan bis lainnya untuk tujuan diluar pusat kota seperti ke candi Prambanan dan candi Borobudur.

Sebelum mengakhiri artikel ‘Bulan Madu di Jogja’ ini, berikut beberapa tips yang bisa saya berikan selama pengalaman berjalan-jalan di Jogja:

  1. pada saat ingin makan disarankan mencari tempat makan yang menuliskan keterangan harga pada menu mereka.
  2. Ketika hendak menaiki becak atau andong, sebisa mungkin sudah mengetahui berapa kisaran harga yang mereka kenakan untuk jarak yang akan ditempuh. Informasi bisa diketahui dari petugas atau penjaga hotel.
  3. Sediakan banyak uang kecil atau uang receh untuk banyaknya seniman yang menghibur.
  4. Rencanakan perjalanan dengan detail hingga pada waktu, jarak tempuh, alat transportasi hingga biaya yang harus dikeluarkan di masing-masing lokasi tujuan.
  5. Pintar-pintarlah menawar pada saat berbelanja, namun juga pada harga yang masih sewajarnya.

Tulisan ini dibuat secara orisinil untuk lomba menulis blog oleh Asia Wisata (https://www.facebook.com/asiawisata).

Read Full Post »

Dalam pembuatan bakso beku untuk makanan yang lebih sehat dirumah, ada beberapa istilah yang mungkin seharusnya kita tahu.

Beberapa Istilah Yang Dipakai Dalam Pembuatan Bakso Beku

–          Adonan

Adalah campuran bahan yang digiling dengan menggunakan mesin ( food processor ) sehingga bentuknya tercampur rata dan kompak.

–          Food processor

Alat yang digunakan untuk mencampur adonan dengan menggunakan kecepatan tinggi. Food processor dilengkapi dengan pisau yang memudahkan dan mempercepat adonan menjadi halus. Tersedia berbagai jenis food processor di toko elektronik.

–          Tepung sagu/ tapioka/ jagung

Adalah sejenis tepung berwarna putih yang punya daya ikat air cukup kuat. Keduanya sangat cocok dipakai untuk membuat bakso. Untuk memberi rasa renyah atau gurih bakso bisa ditambahkan tepung jagung.

–          Daging giling

Adalah jenis daging yang digiling dengan menggunakan mesin penggiling. Jenis daging giling bisa jadi adalah daging sapi giling, ayam giling atau bahkan ikan giling. Menggiling daging dapat dilakukan dengan mesin giling kecil. Perhatikan suhu daging yang digiling jangan sampai terlalu panas karena akan merusak protein. Bila protein rusak, hasil adonan kurang bagus dan membuat tekstur bakso kurang enak.

–          Fosfat

Adalah bahan tambahan yang dipakai untuk menstabilkan adonan. Di pasaran ada berbagai jenis fosfat misal sodium tripoliphospate ( STTP ). Pemakaian STTP jangan terlalu banyak, misal hanya 0,1% dari adonan. Fungsinya untuk membantu mengikat air dalam adonan.

–          Cooling

Yaitu memasukkan bakso yang telah dimasak ke dalam air dingin. Untuk mendinginkan air bisa dengan menambahkan bongkahan es.

Read Full Post »

Tips Sehat Masakan

 

Ada beberapa tips sehat masakan yang kutemukan di beberapa sumber niy. Buat inspirasi pengetahuan memasak kita, lumayan juga lho 🙂

Tips Sehat Masakan

  1. Rendam sayuran agar tidak layu. Kalau ingin sayur tetap renyah dan segar, anda tak perlu merendamnya.
  2. Agar ikan tuna terasa lebih gurih, goreng setengah matang.
  3. Untuk menghilangkan amis ikan gindara, tambahkan jintan yang beraroma tajam.
  4. Sebelum direbus, kentang direndam dulu dalam air garam agar kentang ada rasanya.
  5. Paprika bisa diganti dengan tomat atau zucchini.
  6. Kukus telur di atas api sedang agar tidak melembung. Pecahkan telur hati-hati agar kuning telur dapat tepat ditengah cetakan.
  7. Jika anda mengikuti pola malam food combining, ganti kentang dengan sayuran lain seperti kapri atau buncis.
  8. Daging kepiting dapat diganti dengan daging rajungan. Untuk mengatasi amis, tumis dulu daging kepiting/ rajungan diberi irisan jahe.
  9. Untuk mendapatkan kroket yang padat ( tidak mudah hancur ), peras tahu sampai kering benar.
  10. Tahu telur adalah salah satu jenis tahu yang bercita rasa gurih dengan tekstur sangat lembut. Karena itu, berhati-hati saat memotong atau mengeluarkannya dari kemasan agar tahu tidak hancur.

 

 

 

Read Full Post »

Sebel banget kalo lagi sakit, apalagi pas waktunya liburan L Daripada mau pergi gak bisa, mending eksperimen isi kulkas aja kali ya :p Psst…cari yang ada kandungan sehatnya ya kayak jeruk full vitamin C, bagus banget untuk membangun kembali kekebalan tubuh kita.

Jus Buah Super SehatKamu perlu:

2 buah strawberry

½ buah apel, potong kecil-kecil

½ buah jeruk

30 ml gula cair

30 ml air putih

Cara bikin:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender, haluskan.
  2. Kalo udah, tinggal tuang jus ke dalam gelas.

Untuk 1 gelas.

 

Read Full Post »

Ginger Ice

Sebelumnya aku gak suka banget sama yang namanya minuman jahe. Tapi setelah coba Ginger Ice, serasa gak jahe banget. Cobain dehJ

Kamu perlu:

600 ml air

200 gr jahe merah, kupas, cuci bersih, iris tipis

225 gr gula pasir

Es batu

800 ml air matang

200 ml air jeruk lemon, ditambah jeruk manis

Ginger IceCara bikin:

  1. Rebus air, jahe merah dan gula pasir. Masak diatas api kecil dampe sari jahe keluar dan gula pasir larut. Angkat, saring, biarkan dingin.
  2. Taruh es batu dalam gelas, tuang sirup jahe, tambahkan air jeruk. Aduk rata, hidangkan dingin.

Read Full Post »

Kalo mau jenguk saudara ato teman yang lagi sakit. Bawa ini juga donk…:)

Sup Lekas Sembuh

Kamu perlu:

1 bungkus bubuk sup krim instan

½ suing bawang bombay, cincang halus

½ cangkir jagung manis

250 ml susu cair

600 ml kaldu ayam

1 sdt garam

1 sdm mentega

Cara bikin:

  1. Panaskan mentega dalam panci, tumis bawang bombay sampe harum.
  2. Tuangkan 200 ml kaldu ayam, biarkan mendidih selama 5 menit.
  3. Masukkan bubuk sup krim, susu cair, jagung dan sisa kaldu ke dalam panci, aduk terus sampe kental.
  4. Mumpung masih hangat, nikmati sup bersama cracker tawar.

Untuk 1 porsi.

Read Full Post »

Tips Pasta

Tips Pasta

 

  • Pasta adalah sumber energy dan protein. Mengandung zat tepung yang mudah dicerna dan diserap tubuh, karena itu pasta memberi rasa kenyang lebih lama.
  • Pasta dengan bentuk khusus ( shapped pasta ): farfalle, conchiglie, fusilli cocok untuk semua jenis saus, khususnya saus yang bertekstur ( bisa dari daging, sayuran ato kacang-kacangan ).
  • Pasta bentuk pendek ato tabung ( short, tubular pastas ): penne, macaroni, rigatoni cocok untuk saus yang kental.
  • Pasta bentuk panjang dan tipis ( long, thim, dried pasta ): fusilli, fettuccine, tagliatelle cocok dengan saus dari minyak zaitun.
  • Untuk pasta panggang, bentuk pasta seperti rigatoni dan penne adalah yang paling cocok.
  • Panggang pasta panggang dalam oven sangat panas selama gak lebih dari 20 menit ato sampe permukaannya berwarna kecoklatan dan terdapat buih-buih pasta yang istimewa. Dengan begitu, pasta panggang yang dihasilkan akan menyerupai krim yang lembut, lembab di dalam, dan renyah di bagian permukaan.
  • Pasta panggang akan cepat matang di wadah yang rendah dan permukaannya lebar. Memakai gratin dish lebih bagus karena area permukaan gratin dish member hasil permukaaan pasta panggang yang renyah dan bagian dalamnya matang lebih cepat serta menjaga pasta renyah dan saus tetap lembab.

Read Full Post »

Older Posts »