Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘minuman’

Sudah mulai masuk musim hujan rasanya menyenangkan, karena tidak akan berpanas-panasan. Tapi ternyata di peralihan cuaca ini, bisa membuat kulit terlihat dan terasa kering lho.

Memang peranan kulit adalah sebagai pelindung tubuh dari berbagai faktor lingkungan, mulai dari virus, bakteri hingga perubahan cuaca. Kulit mengandung pigmen melanin yang berfungsi untuk melindungi diri dari sinar ultraviolet.

Karenanya untuk menjaga kesehatan kulit, dibutuhkan asupan nutrisi yang terkandung dalam berbagai jenis makanan berikut:

Sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah-buahan

 

  • Sayur dan Buah-buahan

Bayam merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit. Kentang adalah sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen, yaitu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput dan mempertahankan kekenyalan kulit. Sedangkan blackberry, blueberry, dan strawberry merupakan buah-buahan yang mengandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Aneka produk susu

Aneka produk susu

 

  • Aneka Produk Susu

Yogurt rendah lemak dan keju, memiliki kandungan sama seperti bayam yaitu sumber vitamin A yang baik untuk kulit. Disamping itu, yogurt juga mengandung bacterium acidopholus yang membantu proses pencernaan dan kesehatan dari saluran pencernaan yang berkaitan dengan kesehatan kulit. Keju memiliki kadar selenium yaitu mineral yang dapat membuat kulit menjadi segar dan lembut.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

 

  • Kacang-kacangan

Bagi yang tidak alergi, mengonsumsi kacang dapat menyehatkan kulit. Kacang Brazil memiliki kandungan selenium yang cukup tinggi. Selain menyehatkan kulit, selenium juga dapat memicu sintesis dari gluthathione. Sama seperti antioksidan yang terdapat dalam sayuran dan buah, gluthathione dapat menghilangkan sel kulit mati.

Ikan

Ikan

 

  • Ikan

Mengonsumsi ikan setiap hari merupakan cara lain untuk menambah jumlah selenium ke dalam diet sehari-hari. Ikan segar mengandung selenium dan omega-3 yang penting untuk mencegah penuaan dini dan melembutkan kulit serta mengurangi peradangan kulit.

Telur

Telur

 

  • Telur

Berkhasiat melembutkan dan melembabkan kulit karena mengandung asam amino yang dapat membantu regenerasi kulit. Mengonsumsi sebutir telur setiap hari secara teratur dapat meningkatkan kadar lutein dan zaexanthin yang 4 kali lebih kuat dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Air segar

Air segar

 

Dan hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari. Kulit yang sehat pasti bisa didapatkan dengan pola dan gaya hidup yang sehat pula 🙂

Advertisements

Read Full Post »

Tips Sehat Masakan

 

Ada beberapa tips sehat masakan yang kutemukan di beberapa sumber niy. Buat inspirasi pengetahuan memasak kita, lumayan juga lho 🙂

Tips Sehat Masakan

  1. Rendam sayuran agar tidak layu. Kalau ingin sayur tetap renyah dan segar, anda tak perlu merendamnya.
  2. Agar ikan tuna terasa lebih gurih, goreng setengah matang.
  3. Untuk menghilangkan amis ikan gindara, tambahkan jintan yang beraroma tajam.
  4. Sebelum direbus, kentang direndam dulu dalam air garam agar kentang ada rasanya.
  5. Paprika bisa diganti dengan tomat atau zucchini.
  6. Kukus telur di atas api sedang agar tidak melembung. Pecahkan telur hati-hati agar kuning telur dapat tepat ditengah cetakan.
  7. Jika anda mengikuti pola malam food combining, ganti kentang dengan sayuran lain seperti kapri atau buncis.
  8. Daging kepiting dapat diganti dengan daging rajungan. Untuk mengatasi amis, tumis dulu daging kepiting/ rajungan diberi irisan jahe.
  9. Untuk mendapatkan kroket yang padat ( tidak mudah hancur ), peras tahu sampai kering benar.
  10. Tahu telur adalah salah satu jenis tahu yang bercita rasa gurih dengan tekstur sangat lembut. Karena itu, berhati-hati saat memotong atau mengeluarkannya dari kemasan agar tahu tidak hancur.

 

 

 

Read Full Post »

Sebel banget kalo lagi sakit, apalagi pas waktunya liburan L Daripada mau pergi gak bisa, mending eksperimen isi kulkas aja kali ya :p Psst…cari yang ada kandungan sehatnya ya kayak jeruk full vitamin C, bagus banget untuk membangun kembali kekebalan tubuh kita.

Jus Buah Super SehatKamu perlu:

2 buah strawberry

½ buah apel, potong kecil-kecil

½ buah jeruk

30 ml gula cair

30 ml air putih

Cara bikin:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender, haluskan.
  2. Kalo udah, tinggal tuang jus ke dalam gelas.

Untuk 1 gelas.

 

Read Full Post »

Ginger Ice

Sebelumnya aku gak suka banget sama yang namanya minuman jahe. Tapi setelah coba Ginger Ice, serasa gak jahe banget. Cobain dehJ

Kamu perlu:

600 ml air

200 gr jahe merah, kupas, cuci bersih, iris tipis

225 gr gula pasir

Es batu

800 ml air matang

200 ml air jeruk lemon, ditambah jeruk manis

Ginger IceCara bikin:

  1. Rebus air, jahe merah dan gula pasir. Masak diatas api kecil dampe sari jahe keluar dan gula pasir larut. Angkat, saring, biarkan dingin.
  2. Taruh es batu dalam gelas, tuang sirup jahe, tambahkan air jeruk. Aduk rata, hidangkan dingin.

Read Full Post »

Enak-enak nich 😉 3 alasan buat mengurangi asupan kafein dan meningkatkan mood:

–          Teeccino.

Minuman Hangat Menyehatkan

Minuman the herbal pengganti kopi ini bebas kafein dan mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi penting bagi tubuh. Beberapa orang menyebutnya ‘ kopi herbal’. Teeccino merupakan campuran antara rempah, bijirin, buah, dan kacang yang dipanggang dan diolah sehingga rasanya persisi seperti kopi.

–          Teh Hitam.

Minuman ini kaya antioksidan dan mengandung L-theanine, komponen yang membuatmu tenang tapi gak mengantuk. Cari teh hitam yang memiliki beragam rasa kayak strawberry ato lemon untuk variasi.

–          Coklat Panas.

Peneliti telah menemukan bahwa secangkir coklat panas setiap hari dapat menurunkan tekanan darah. Minumlah pada malam hari untuk membuat tidurmu lebih nyenyak. Yumm…

Read Full Post »

Well, langkah kecil pada kebiasaan makanmu bakal mendapatkan hasil yang maksimal di kehidupanmu. Coba terapin bareng-bareng yukJ

  1. Segarnya susu. Tiap kali pesan moccacino favoritmu, minta ganti susunya dengan susu rendah lemak. Satu cangkir susu whole milk mengandung 150 kalori, 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh, sedangkan secangkir susu tanpa lemak ( non fat ) cuma mengandung 86 kalori dan bebas lemak. Oya, lupakan whipped cream juga ya.

    10 Cara Perang Lawan Lemak

  2. Hore H2O. Bilang “ gak ! “ pada minuman bersoda, es teh dan alkohol ! Kita perlu hidup lebih alami dengan banyak minum air putih. Air putih lebih ampuh membersihkan tubuh, membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan mengurangi kalori. Gak ada yang lebih segar daripada segalas air putih. Minum 8 gelas sehari itu wajib. Kalo kamu emang tetap gak bisa nolak soda, batasi aja minumnya cuma di waktu weekend.
  3. Kacang aja. Daripada ngemil keripik kentang yang terkenal berkalori tinggi, ganti cemilan dengan kacang-kacangan yang jauh lebih sehat, seperti kacang kenari, kacang pistachio, kacang almond dan kacang kemiri. Mereka gak cuma mengandung monosaturated fat ( lemak yang baik untuk tubuh ) tapi juga vitamin E dan protein. Selain sehat, kacang-kacangan bisa bikin kamu cepat kenyang.
  4. Berat di serat. Makin terang warna makanan, pertanda makin luntur zat gizinya. Pastinya kamu masih boleh makan nasi ato pasta, tapi lebih baik pilih pasta gandum, beras merah dan roti gandum. Tapi juga bukan berarti kalo semua yang berwarna coklat mengandung gandum penuh. Cek lagi labelnya untuk cari tau, makanan itu benar-benar mengandung gandum penuh ( whole grain )
    ato gak.
  5. Beban ringan. Keju dan mayones masih bisa kamu nikmati, asal pilih yang berkadar lemak rendah, rasanya gak beda jauh sama keju biasa koq.
  6. Ice cream, yes ! siapa bilang kita gak boleh makan es krim ? Cari yang berlabel bebas ato rendah lemak. Buat alternatif bisa juga coba yogurt ato sorbet.
  7. Sayonara mentega. Daripada pake mentega untuk menggoreng, lebih baik pake minyak zaitun ( olive oil ). Mungkin emang masakanmu bakal mengandung banyak kalori, tapi minyak zaitun mengandung lebih sedikit lemak jenuh. Ini bisa jadi alternatif yang lebih sehat.
  8. No diet ketat. Mengubah pola makan ternyata 10 kali lebih manjur dibanding harus berdiet ketat selama 2 minggu. Selain tampil lebih oke, juga pasti lebih sehat.
  9. Pop-top. Waktu nonton DVD bareng teman-teman, siapin semangkuk penuh pop-corn daripada sekantong besar kripik kentang. Pop-corn rendah lemak mengandung kalori rendah, serat dan lemak. Apalagi rasanya juga enak !
  10. Dressing for success. Faktanya, salad emang sehat. Tapi yang kita gak tau, dressing salad biasanya mengandung banyak kalori. Satu sendok aja mengandung lebih dari 100 kalori. Jadi lebih baik gunakan satu sendok teh saja untuk saladmu.

Read Full Post »

Oreo milkshake

Musim panas enaknya ditemenin sama yang ini niy…slurrpp ^_^

Oreo milkshake

Kamu perlu:

10 buah biscuit Oreo

2 skop es krim vanilla

1 gelas susu segar

Es batu

Cara bikin:

  1. Campur biscuit Oreo, 1 skop es krim vanilla dan susu segar.
  2. Blender semua bahan sampai halus.
  3. Tuang di gelas, hias dengan 1 skop es krim lagi di atasnya.

Untuk 1 gelas tinggi.

Read Full Post »

Older Posts »