Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘resep’

Tips Sehat Masakan

 

Ada beberapa tips sehat masakan yang kutemukan di beberapa sumber niy. Buat inspirasi pengetahuan memasak kita, lumayan juga lho 🙂

Tips Sehat Masakan

  1. Rendam sayuran agar tidak layu. Kalau ingin sayur tetap renyah dan segar, anda tak perlu merendamnya.
  2. Agar ikan tuna terasa lebih gurih, goreng setengah matang.
  3. Untuk menghilangkan amis ikan gindara, tambahkan jintan yang beraroma tajam.
  4. Sebelum direbus, kentang direndam dulu dalam air garam agar kentang ada rasanya.
  5. Paprika bisa diganti dengan tomat atau zucchini.
  6. Kukus telur di atas api sedang agar tidak melembung. Pecahkan telur hati-hati agar kuning telur dapat tepat ditengah cetakan.
  7. Jika anda mengikuti pola malam food combining, ganti kentang dengan sayuran lain seperti kapri atau buncis.
  8. Daging kepiting dapat diganti dengan daging rajungan. Untuk mengatasi amis, tumis dulu daging kepiting/ rajungan diberi irisan jahe.
  9. Untuk mendapatkan kroket yang padat ( tidak mudah hancur ), peras tahu sampai kering benar.
  10. Tahu telur adalah salah satu jenis tahu yang bercita rasa gurih dengan tekstur sangat lembut. Karena itu, berhati-hati saat memotong atau mengeluarkannya dari kemasan agar tahu tidak hancur.

 

 

 

Advertisements

Read Full Post »

Sebel banget kalo lagi sakit, apalagi pas waktunya liburan L Daripada mau pergi gak bisa, mending eksperimen isi kulkas aja kali ya :p Psst…cari yang ada kandungan sehatnya ya kayak jeruk full vitamin C, bagus banget untuk membangun kembali kekebalan tubuh kita.

Jus Buah Super SehatKamu perlu:

2 buah strawberry

½ buah apel, potong kecil-kecil

½ buah jeruk

30 ml gula cair

30 ml air putih

Cara bikin:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender, haluskan.
  2. Kalo udah, tinggal tuang jus ke dalam gelas.

Untuk 1 gelas.

 

Read Full Post »

Resep Mimpi Indah

Biar tidur nyenyak, oke juga niy bikin ini… 😉

Kamu perlu:

Kantong potpourri secukupnya

Bantal tidur

Resep Mimpi IndahCara bikin:

  1. Supaya kegiatan rutin di malam hari alias tidur jadi makin menyenangkan, selipkan kantong potpourri dengan wangi favoritmu di dalam sarung bantal bagian bawah ( yang terhimpit dengan kasur ).
  2. Sekarang, hirup aroma bantalmu. Hmmm, harumnya pasti bikin kamu merasa rileks waktu mau terlelap.

Read Full Post »

Kalo mau jenguk saudara ato teman yang lagi sakit. Bawa ini juga donk…:)

Sup Lekas Sembuh

Kamu perlu:

1 bungkus bubuk sup krim instan

½ suing bawang bombay, cincang halus

½ cangkir jagung manis

250 ml susu cair

600 ml kaldu ayam

1 sdt garam

1 sdm mentega

Cara bikin:

  1. Panaskan mentega dalam panci, tumis bawang bombay sampe harum.
  2. Tuangkan 200 ml kaldu ayam, biarkan mendidih selama 5 menit.
  3. Masukkan bubuk sup krim, susu cair, jagung dan sisa kaldu ke dalam panci, aduk terus sampe kental.
  4. Mumpung masih hangat, nikmati sup bersama cracker tawar.

Untuk 1 porsi.

Read Full Post »

Sambil nonton TV pas weekend, enaknya makan dessert bikinan sendiri. Hmm…chocolate anyone, anyone ?

Pesta Coklat

Kamu perlu:

2 bungkus agar-agar bubuk rasa coklat

¾ gelas coklat bubuk

½ kaleng susu kental manis rasa coklat

7 gelas air putih matang

12 sdm gula pasir

 

Hias dengan:

1 kaleng whipped cream 250 gr

Sprinkles warna-warni

Stik wafer

 

Cara bikin:

  1. Masukkan semua bahan ( kecuali coklat bubuk ) ke dalam panci, panaskan di atas api sedang sambil terus diaduk.
  2. Larutkan coklat bubuk dengan air panas di dalam gelas terpisah, sampe bubuk coklat gak menggumpal. Tuangkan, larutan coklat ke dalam panci sambil disaring, aduk rata.
  3. Begitu mendidih, kecilkan api dan terus aduk selama 5 menit. Habis itu, matikan api tapi jangan berhenti mengaduk sampe larutan puding mendingin.
  4. Tuangkan ke dalam gelas puding, terus masukkan puding ke dalam kulkas.
  5. Hias dengan whipped cream dan sprinkles sebelum disajikan.

Resep ini untuk 8 gelas puding.

Read Full Post »

Roti batang tabur keju ato wijen hitam ini cocok banget dimakan barengan minum teh…:)

Bread Stick

Kamu perlu:

( bahan )

margarin untuk olesan

tepung terigu untuk taburan

250 gr tepung terigu

½ sdm ragi instan

75 gr mentega/ margarin

1 sdt garam, larutkan dalam 125 ml air es

( olesan ) à campur jadi satu

100 ml air

¼ sdt garam

( taburan )

50 gr keju parmesan/ cheddar

1 sdm wijen hitam

 

Cara bikin:

1.       Panaskan oven pada suhu 200 C. Olesi loyang datar dengan margarin, taburi tepung, sisihkan. Campur tepung dan ragi, masukkan mentega/ margarin. Aduk menggunakan palet plastik sampe rata. Buat lubang di tengahnya, tuangi larutan garam sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.

2.       Uleni dengan tangan sampai adonan kalis ( gak melekat di tangan ). Tutup dengan plastik, diamkan 30 menit. Bagi adonan @ 12 ½ gram, pilin hingga menyerupai stick sepanjang 25 cm, taruh di atas loyang. Lakukan sampai adonan habis.

3.       Diamkan sampai adonan mengembang dua kali lipat ( 30 menit ). Olesi air garam, lalu taburi keju ato wijen hitam.

4.       Kecilkan suhu oven sampai 150 C. Panggang sampai roti kering dan warnanya kuning keemasan ( 20 menit ).

Untuk 30 potong.

Read Full Post »

Beberapa minggu lalu sempatin buat coba Tomat Panggang. Ternyata enak juga :p Hidangan pembuka yang popular di barat, biasanya disebut grilled ( cheese ) tomatoes.

Tomat Panggang

Kamu perlu:

6 buah tomat besar

1 sdm minyak zatun/ minyak goreng, untuk olesan

2 sdt bawang putih cincang

4 sdm bawang bombay cincang

1 btg daun bawang, iris halus

¼ sdt oregano

¼ sdt basil

½ sdt garam

¼ sdt merica bubuk

50 gr keju mozzarella, parut

60 gr keju parut ( cheddar, edam, ato parmesan )

Cara bikin:

  1. Panaskan oven pada suhu 180 C. Siapkan loyang tahan panas untuk memanggang. Belah tomat jadi dua bagian melintang.
  2. Taruh potongan tomat diatas loyang, olesi permukaan bekas potongan dengan minyak zaitun/ minyak goreng hingga rata.
  3. Taburi masing-masing dengan bawang putih, bawang bombay, daun bawang, oregano, dan basil. Bubuhi garam dan merica bubuk. Terakhir taburi bagian paling atas dengan dua macam keju parut.
  4. Panggang dalam oven selama 30 menit sampe masak dan keju meleleh. Angkat, hidangkan panas.

Untuk 6 orang.

Read Full Post »

Older Posts »