Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘sehat’

Sudah mulai masuk musim hujan rasanya menyenangkan, karena tidak akan berpanas-panasan. Tapi ternyata di peralihan cuaca ini, bisa membuat kulit terlihat dan terasa kering lho.

Memang peranan kulit adalah sebagai pelindung tubuh dari berbagai faktor lingkungan, mulai dari virus, bakteri hingga perubahan cuaca. Kulit mengandung pigmen melanin yang berfungsi untuk melindungi diri dari sinar ultraviolet.

Karenanya untuk menjaga kesehatan kulit, dibutuhkan asupan nutrisi yang terkandung dalam berbagai jenis makanan berikut:

Sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah-buahan

 

  • Sayur dan Buah-buahan

Bayam merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit. Kentang adalah sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen, yaitu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput dan mempertahankan kekenyalan kulit. Sedangkan blackberry, blueberry, dan strawberry merupakan buah-buahan yang mengandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Aneka produk susu

Aneka produk susu

 

  • Aneka Produk Susu

Yogurt rendah lemak dan keju, memiliki kandungan sama seperti bayam yaitu sumber vitamin A yang baik untuk kulit. Disamping itu, yogurt juga mengandung bacterium acidopholus yang membantu proses pencernaan dan kesehatan dari saluran pencernaan yang berkaitan dengan kesehatan kulit. Keju memiliki kadar selenium yaitu mineral yang dapat membuat kulit menjadi segar dan lembut.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

 

  • Kacang-kacangan

Bagi yang tidak alergi, mengonsumsi kacang dapat menyehatkan kulit. Kacang Brazil memiliki kandungan selenium yang cukup tinggi. Selain menyehatkan kulit, selenium juga dapat memicu sintesis dari gluthathione. Sama seperti antioksidan yang terdapat dalam sayuran dan buah, gluthathione dapat menghilangkan sel kulit mati.

Ikan

Ikan

 

  • Ikan

Mengonsumsi ikan setiap hari merupakan cara lain untuk menambah jumlah selenium ke dalam diet sehari-hari. Ikan segar mengandung selenium dan omega-3 yang penting untuk mencegah penuaan dini dan melembutkan kulit serta mengurangi peradangan kulit.

Telur

Telur

 

  • Telur

Berkhasiat melembutkan dan melembabkan kulit karena mengandung asam amino yang dapat membantu regenerasi kulit. Mengonsumsi sebutir telur setiap hari secara teratur dapat meningkatkan kadar lutein dan zaexanthin yang 4 kali lebih kuat dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Air segar

Air segar

 

Dan hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari. Kulit yang sehat pasti bisa didapatkan dengan pola dan gaya hidup yang sehat pula 🙂

Read Full Post »

Beautiful women in hijab

Beautiful women in hijab

 

Semenjak menggunakan hijab dari setahun yang lalu, aku mulai mencari tahu dan membiasakan diri agar rambut yang tertutup hijab tetap bisa terawat. Sebenarnya keuntungan menggunakan hijab salah satunya rambut kita tidak langsung terkena sinar matahari, jadi bisa lebih sehat dan berkilau lho. Dan ternyata tips merawatnya tidak susah koq 🙂

Berikut tips perawatan rambut dan kulit kepala agar selalu sehat meskipun memakai hijab:

  • Keramas rambut secara teratur, minimal seminggu 3 kali agar kondisi kulit kepala dan rambut tetap terjaga (sesuaikan dengan kondisi rambut).
  • Pilih shampoo sesuai dengan jenis rambut agar dapat memberikan perawatan maksimal.
  • Jangan menggunakan hijab saat rambut basah. Keringkan dahulu dengan hairdryer atau angin-anginkan. Karena kondisi lembab memicu munculnya ketombe.
  • Pilih bahan hijab yang nyaman seperti katun dan kaus agar mudah menyerap keringat.
  • Gunakan sisir yang tepat, khususnya saat kondisi rambut masih basah. Pilih sisir bergigi jarang agar rambut tidak cepat rontok.
  • Jangan mengikat rambut terlalu kuat, karena menyebabkan rambut menjadi mudah patah.
  • Jaga kondisi rambut dengan rutin menggunakan hair tonic (pada kulit kepala), creambath (memberikan krim nutrisi untuk rambut), hair spa (perawatan untuk rambut yang diwarnai), hair mask, vitamin rambut (menyehatkan rambut kusam, kering, rusak dan susah diatur) dan hair ozone (melindungi dari gangguan ketombe dan kerontokan).
  • Sempurnakan perawatan rambut dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan protein, vitamin B6, B12, C dan nutrisi vitamin yang dapat menjaga kesehatan rambut.
  • Manfaatkan waktu rambut untuk beristirahat dengan cara mengurai rambut saat sedang tidak menggunakan hijab.

Miliki rambut yang sehat, indah, berkilau dan harum meski berhijab ya 🙂

Read Full Post »

Women with beautiful hair

Women with beautiful hair

Sebagai seorang wanita, rambut adalah salah satu harta yang harus dijaga keindahan dan kesehatannya. Diperlukan perawatan rambut dan kulit kepala yang tepat untuk menjaga mahkota kita yang satu ini. Tapi, sudahkah kita tahu jenis-jenis rambut kita? Supaya tidak salah penanganan, yuk kita cari tahu berikut ini 🙂

  1. Rambut Normal
  • Mudah diatur, tidak gampang berminyak dan tidak gampang kusut.
  • Treatment: Rutin keramas minimal dua kali seminggu dan gunakan conditioner untuk jenis rambut normal.
  1. Rambut Berminyak
  • Mudah lepek, lengket dan cenderung berminyak.
  • Treatment: Keramas lebih sering dan gunakan shampoo untuk rambut berminyak. Disarankan tidak menggunakan conditioner karena akan membuat kondisi rambut lebih cepat lepek.
  1. Rambut Kering
  • Mudah kusut dan bagian ujung rambut cenderung kering.
  • Treatment: Keramas minimal seminggu sekali dengan shampoo khusus untuk rambut kering. Gunakan conditioner pada ujung-ujung rambut saja. Jika rambut terasa sangat kering, gunakan juga shampoo anti ketombe.

Nah setelah tahu jenis rambut kita, semoga penanganan untuk rambut dan kulit kepala jadi lebih baik ya 🙂

Read Full Post »

crytalsBeberapa waktu lalu di sebuah tempat perbelanjaan, aku yang hobi mengoleksi gelang tertarik sama satu gelang batu ini. Sebelumnya aku gak pernah tertarik sama sekali sama aksesoris batu-batuan. Tapi gak tau kenapa lihat yang ini aku jadi ingin membelinya.

Dan gelang tali dengan batu bernama Mata Harimau (Tiger’s Eye) ini akhirnya jadi salah satu gelang favoritku.

Sempat penasaran juga karena dengar selentingan dari penjualnya kalo yang namanya batu-batuan seperti ini mempunyai semacam energi buat si pemakainya. Dan setiap orang berbeda-beda kecocokannya.

Eits, tapi ini bukan berhubungan dengan hal yang mistis ya…

Nah ini beberapa jenis batu kristal dan deskripsinya. Kira-kira yang mana yang sesuai dengan kamu ya 🙂

Aleksandrit (Alexandrite)

Batu ini berwarna hijau, yang tampak berubah menjadi lembayung, ketika disorot lampu. Aspek spiritual batu ini adalah untuk perluasan spiritual. Batu ini memberikan keberhasilan dengan mempertinggi kesadaran dan kepekaan terhadap energi spiritual.

Zamrud (Emerald)

Batu ini termasuk akuamarin yang berwarna hijau cerah. Energi zamrud membangkitkan dan menyembuhkan. Zamrud dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap kekayaan lain, selain berbentuk uang atau harta. Memakai batu ini, seperti merasa didukung oleh sesuatu yang besar.

Kecubung (Amethyst)

Kecubung berwarna lembayung sampai lembayung tua. Beberapa kecubung dapat kehilangan warnanya pada siang hari, tapi warna aslinya dapat diperbaiki dengan menggunakan radiasi sinar X. Fokus energi adalah pembersihan. Dengan energi pencuciannya, kecubung membantu kita melepaskan energi yang tidak seimbang atau melindungi kita dari lingkungan yang tidak seimbang.

Amber

Berwarna antara kuning muda, emas, hingga coklat. Ketika kita sedang merasa hidup sangat berat dan penuh perjuangan, batu ini seakan menjadi energi yang membangkitkan kita untuk berjalan dengan ringan.

Safir (Sapphire)

Safir memiliki variasi warna biru, bening, merah muda, jingga, kuning, hijau, ungu, dan hitam. Safir bening dapat membantu kita melepaskan secara perlahan energi yang tidak dibutuhkan dan tidak seimbang.

Kamelian (Carnelian)

Warnanya bervariasi antara jingga-merah hingga jingga-coklat. Karnelian membantu kita melihat sisi terbaik dari berbagai hal, terutama ketika kita sedang putus asa. Karena, batu ini mengandung energi vitalitas.

Mata Harimau (Tiger’s Eye)

Ini adalah batu berwarna coklat dengan kemilau kuning dan coklat dalam serat-seratnya. Batu ini bisa mengajarkan kita untuk menegaskan tujuan kita dalam kegiatan sehari-hari. Fokus energi batu ini adalah pembentukan.

Akuamarin (Aquamarine)

Sesuai namanya, batu ini berwarna air laut. Agar warnanya lebih biru, batu ini biasanya perlu dipanaskan. Ketika kita sedang kehilangan semangat atau merasa hampa, batu ini bisa membantu menemukan kepuasan yang mendalam.

Giok (Jade)

Giok muncul dalam warna hijau dengan berbagai gradasi. Fokus energi giok adalah pembersihan. Ketika kita terlalu sensitif dan emosional, giok bisa memberikan keseimbangan jika dipakai secara teratur. Giok dapat digunakan untuk meditasi dan menenangkan pikiran.

Turmalin (Tourmaline)

Batu ini muncul dalam berbagai variasi warna, seperti hijau, merah muda, merah semangka, biru, dan hitam. Turmalin hijau untuk memberikan keseimbangan emosional. Turmalin merah muda dapat membantu ketika ingin memutuskan tuntutan yang harus diubah oleh orang lain, agar kita bisa bahagia. Turmalin hitam adalah yang energinya paling berat, bisa memberikan rasa perlindungan.

Read Full Post »

Dalam pembuatan bakso beku untuk makanan yang lebih sehat dirumah, ada beberapa istilah yang mungkin seharusnya kita tahu.

Beberapa Istilah Yang Dipakai Dalam Pembuatan Bakso Beku

–          Adonan

Adalah campuran bahan yang digiling dengan menggunakan mesin ( food processor ) sehingga bentuknya tercampur rata dan kompak.

–          Food processor

Alat yang digunakan untuk mencampur adonan dengan menggunakan kecepatan tinggi. Food processor dilengkapi dengan pisau yang memudahkan dan mempercepat adonan menjadi halus. Tersedia berbagai jenis food processor di toko elektronik.

–          Tepung sagu/ tapioka/ jagung

Adalah sejenis tepung berwarna putih yang punya daya ikat air cukup kuat. Keduanya sangat cocok dipakai untuk membuat bakso. Untuk memberi rasa renyah atau gurih bakso bisa ditambahkan tepung jagung.

–          Daging giling

Adalah jenis daging yang digiling dengan menggunakan mesin penggiling. Jenis daging giling bisa jadi adalah daging sapi giling, ayam giling atau bahkan ikan giling. Menggiling daging dapat dilakukan dengan mesin giling kecil. Perhatikan suhu daging yang digiling jangan sampai terlalu panas karena akan merusak protein. Bila protein rusak, hasil adonan kurang bagus dan membuat tekstur bakso kurang enak.

–          Fosfat

Adalah bahan tambahan yang dipakai untuk menstabilkan adonan. Di pasaran ada berbagai jenis fosfat misal sodium tripoliphospate ( STTP ). Pemakaian STTP jangan terlalu banyak, misal hanya 0,1% dari adonan. Fungsinya untuk membantu mengikat air dalam adonan.

–          Cooling

Yaitu memasukkan bakso yang telah dimasak ke dalam air dingin. Untuk mendinginkan air bisa dengan menambahkan bongkahan es.

Read Full Post »

Tips Sehat Masakan

 

Ada beberapa tips sehat masakan yang kutemukan di beberapa sumber niy. Buat inspirasi pengetahuan memasak kita, lumayan juga lho 🙂

Tips Sehat Masakan

  1. Rendam sayuran agar tidak layu. Kalau ingin sayur tetap renyah dan segar, anda tak perlu merendamnya.
  2. Agar ikan tuna terasa lebih gurih, goreng setengah matang.
  3. Untuk menghilangkan amis ikan gindara, tambahkan jintan yang beraroma tajam.
  4. Sebelum direbus, kentang direndam dulu dalam air garam agar kentang ada rasanya.
  5. Paprika bisa diganti dengan tomat atau zucchini.
  6. Kukus telur di atas api sedang agar tidak melembung. Pecahkan telur hati-hati agar kuning telur dapat tepat ditengah cetakan.
  7. Jika anda mengikuti pola malam food combining, ganti kentang dengan sayuran lain seperti kapri atau buncis.
  8. Daging kepiting dapat diganti dengan daging rajungan. Untuk mengatasi amis, tumis dulu daging kepiting/ rajungan diberi irisan jahe.
  9. Untuk mendapatkan kroket yang padat ( tidak mudah hancur ), peras tahu sampai kering benar.
  10. Tahu telur adalah salah satu jenis tahu yang bercita rasa gurih dengan tekstur sangat lembut. Karena itu, berhati-hati saat memotong atau mengeluarkannya dari kemasan agar tahu tidak hancur.

 

 

 

Read Full Post »

Sebel banget kalo lagi sakit, apalagi pas waktunya liburan L Daripada mau pergi gak bisa, mending eksperimen isi kulkas aja kali ya :p Psst…cari yang ada kandungan sehatnya ya kayak jeruk full vitamin C, bagus banget untuk membangun kembali kekebalan tubuh kita.

Jus Buah Super SehatKamu perlu:

2 buah strawberry

½ buah apel, potong kecil-kecil

½ buah jeruk

30 ml gula cair

30 ml air putih

Cara bikin:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender, haluskan.
  2. Kalo udah, tinggal tuang jus ke dalam gelas.

Untuk 1 gelas.

 

Read Full Post »

Older Posts »